• Jam Buka Toko: Pukul 08.00 s/d 18.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 087727557669
  • SMS/WA: 087727557669
  • jjmainan.oke@gmail.com
Terpopuler:

5 Jenis Lego untuk Asah Kecerdasan dan Kreativitas Anak

01 Februari 2021 - Kategori Blog

5 Jenis Lego untuk Asah Kecerdasan dan Kreativitas Anak

Siapa yang tidak mengenal lego? Seperti yang kita tahu, terdapat berbagai jenis lego yang diperjualbelikan di pasaran. Lego tidak hanya sekedar menjadi mainan bagi anak-anak saja, melainkan juga dapat mengasah kecerdasan.

Lego adalah permainan menyusun bricks yang sangat terkenal di semua usia anak. Mengingat fungsinya yang sangat bermanfaat, terutama untuk meningkatkan kreativitas dan juga imajinasi, lego sangat cocok dimainkan oleh anak-anak.

Apabila anda berniat untuk memberikan lego kepada anak-anak anda sebagai sarana bermain dan belajar, tak ada ruginya untuk mendapatkan informasi tentang lego secara lengkap melalui artikel ini. Berikut ini akan kami paparkan selengkapnya untuk anda, mulai dari jenis-jenisnya hingga manfaatnya.

5 jenis lego untuk asah kecerdasan dan kreativitas anak

Gambar oleh klimkin dari Pixabay

Jenis Lego Beserta Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Lego sendiri tersusun dari bricks dengan memiliki beberapa bulatan pada permukaannya. Anak-anak dapat meningkatkan kemampuan motoriknya dengan kegiatan menempelkan atau menggabungkan brick satu ke brick lainnya.

Pastikan bahwa anak-anak anda menyatukannya secara tepat. Sehingga, koordinasi antara mata dan tangan pun bisa terlatih dengan baik saat anak bermain lego.

Bukan hanya itu saja, dengan bermain lego, anak-anak anda juga dapat mengasah kreativitas mereka. Selain itu, anak-anak juga akan terlatih untuk berusaha memecahkan dan menyelesaikan masalah.

Sebagai orang tua yang selalu peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya, maka ajarkan kepada mereka untuk membaca serta memahami instruksi dengan teliti. Dampingi mereka untuk tetap sabar hingga dapat menyusun lego sampai benar-benar selesai.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, mengingat mainan ini bermacam-macam jangan sampai salah dalam memilihnya. Pastikan anda memilih lego berdasarkan usia dan tahapan belajar mereka. Inilah, jenis lego yang dapat anda berikan berdasarkan usia dan tumbuh kembang sang anak.

1. Lego Pipa

Lego pipa ini merupakan lego yang paling populer di kalangan para ibu. Terkenal dengan memiliki beragam bentuk yang bisa melatih motorik sang buah hati.

Maka dari itulah, tidak heran jika lego pipa ini menjadi andalan para ibu untuk menjadi teman bermain si kecil. Menariknya lagi, lego pipa juga mempunyai beragam koleksi permainan yang dapat anda sesuaikan dengan usia anak. Sehingga, anak-anak bisa mendapatkan berbagai jenis bentuk yang membuat mereka bermain dan belajar dengan lebih banyak hal-hal baru.

2. Lego Puzzle

Lego puzzle merupakan salah satu lego yang memiliki fungsi serba guna dan terbilang simpel. Memiliki bentuk balok yang simpel dan juga rapi, sehingga si kecil lebih mudah ketika menyusunnya.

Selain itu, dengan memiliki struktur balok yang beragam, lego ini dapat membantu si kecil untuk menjadi lebih kreatif. Kelebihan lain dari lego puzzle ini yaitu bisa dibuat menjadi bersusun sesuai dengan apa yang anak imajinasikan.

Anak-anak hanya perlu meletakkan satu atau beberapa balok dengan balok lainnya hingga membentuk bangunan maupun karakter yang sesuai dengan keinginan mereka. Dengan begitu, imajinasi serta kreativitas anak anda dapat berkembang lebih cepat.

3. Lego Tematik

Jenis lego lainnya yang dapat anak-anak anda mainkan yakni lego tematik. Lego dengan membawa tema tertentu, seperti halnya bangunan terkenal, scene film, maupun kota, memang terbilang lebih menantang.

Jenis seperti ini tentu saja dapat membiasakan si kecil agar bisa membaca sebuah instruksi dengan lebih detail. Bahkan, anak-anak juga dapat belajar untuk memecahkan suatu masalah.

Biasanya, setelah mereka dapat menyelesaikan suatu produk tertentu, anak-anak akan merasakan kesenangan dan kepuasan tersendiri. Tak cukup sampai di situ saja, setelah si kecil dapat menyelesaikan lego tematik, mereka juga dapat berimajinasi dengan apa yang telah mereka buat.

Menariknya, mereka dapat menggabungkan beberapa lego dengan tema yang berbeda. Kemudian mereka akan membuat cerita baru. Tentu saja ini tidak hanya menjadi mainan yang seru saja, akan tetapi juga metode belajar yang efektif.

4. Lego Multi Pack 4 Pcs

Tidak hanya menjadi sarana bermain dan belajar saja. Anak-anak juga dapat memanfaatkan lego yang mereka buat untuk ruang penyimpanan maupun menghubungkan stud lego.

Lego multi pack 4 pcs ini merupakan lego yang sangat mudah untuk kecil mainkan dan tentunya memiliki banyak fungsi. Anda dapat mengajarkan kepada anak-anak untuk menggunakan lego yang telah selesai disusun untuk meletakkan berbagai macam perlengkapan mereka.

Tidak heran, jika lego ini dapat menjadi ruang penyimpanan, pasalnya mempunyai ruangan yang berukuran cukup besar. Selain itu, salah satu fungsi dari lego ini memang sebagai tempat penyimpanan.

Lego yang satu ini memang sangat bagus untuk melatih sang buah hati agar mereka lebih disiplin. Mereka juga akan belajar untuk membiasakan diri membereskan dan merapikannya ke dalam tempat penyimpanan setelah mereka selesai bermain.

Penting untuk anda ketahui, salah satu peran penting dari lego ini akan membuat anak-anak mengenal apa itu tanggung jawab sejak mereka kecil. Sehingga, mereka akan terbiasa menjadi pribadi yang baik.

5. Alphabet Blocks

Alphabet blocks merupakan salah satu jenis lego yang seluruh baloknya memiliki bentuk yang serupa, yakni kubus. Namun, terdapat penambahan huruf, angka, dan gambar yang membuat anak dapat bermain dan juga belajar.

Anda bisa mengenalkan kepada si kecil tentang macam-macam angka dan huruf melalui permainan blok tersebut. Cobalah untuk membuat teka-teki simpel terlebih dahulu, seperti menyusun nama mereka hingga membentuk satu kata penuh.

Dengan mengajarkan anak memainkan lego ini, maka si kecil juga akan belajar bagaimana cara membaca. Bukan hanya itu saja, mainan yang satu ini dapat mengasah kemampuan kognitif anak sejak dini.

Tips Memilih Mainan Lego yang Baik dan Tepat untuk Anak

Setelah anda sudah mengetahui berbagai jenis lego yang dapat anak-anak mainkan, kini saatnya menjadi orang tua yang bijak. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, memilih lego tidak boleh sembarangan. Untuk itulah, berikut ini adalah tips memilih lego yang baik dan tepat untuk anak.

1. Pilihlah Berdasarkan Usia Anak

Terdapat berbagai macam lego yang diperuntukkan bagi segala usia anak berdasarkan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Misalnya saja, lego dengan warna yang cerah dan berukuran besar akan menarik minat anak.

Lego ini sangat disarankan untuk anak-anak yang menginjak usia 1 sampai 2 tahun. Sedangkan lego dengan bentuk angka dan alfabet dapat menjadi pilihan bagi anak-anak anda yang sudah memasuki usia balita.

2. Memperhatikan Jenisnya

Memperhatikan jenis lego sangatlah penting. Tidak hanya usianya saja, kemampuan anak dalam belajar juga harus anda perhatikan.

Setiap jenis selalu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Maka dari itulah, pilih lego yang paling sesuai dengan tahap tumbuh dan kembang mereka.

3. Kualitas Lego

Hindari memilih lego yang palsu, pastikan anda membeli lego yang asli. Pasalnya, ini sangat berkaitan dengan kesehatan anak anda. Kualitas lego yang baik tentunya lebih aman bagi si kecil.

Itulah tadi berbagai jenis lego dan manfaatnya serta tips dalam memilih yang dapat anda pertimbangkan sebelum membelinya. Pastikan anda memberikan mainan dan metode belajar terbaik untuk sang buah hati.

Baca juga : Cara Membuat Slime Paling Mudah dan Aman Dengan Bahan Sederhana

 

, , , , , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp