• Jam Buka Toko: Pukul 08.00 s/d 18.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 087727557669
  • SMS/WA: 087727557669
  • jjmainan.oke@gmail.com
Terpopuler:

Jenis Permainan Anak Laki Laki Tradisional yang Seru dan Kreatif

04 Januari 2021 - Kategori Blog

Jenis Permainan Anak Laki Laki Tradisional yang Seru dan Kreatif

Saat ini, jenis permainan anak laki laki tradisional menjadi cukup langka. Sebab, banyak dari anak-anak yang lebih memilih bermain video game atau cenderung menghabiskan waktu dengan gadget.

Sebaiknya, anda perlu mengetahui jika bermain gadget yang dilakukan dengan intensitas sering akan mengakibatkan beberapa efek yang tidak baik. Seperti gangguan kesehatan sampai kemampuan dalam melakukan sosialisasi.

Jenis Permainan Anak Laki Laki Tradisional yang Seru dan Kreatif

Sumber gambar : wishqatar

Jenis Permainan Anak Laki Laki Tradisional yang disukai

Permainan secara tradisional merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan seru. Daripada bermain gadget yang cenderung mempunyai efek tidak baik, bermain bersama teman dengan sejumlah permainan tradisional dapat mengembangkan sisi sosialisasi yang baik serta membuat tubuh menjadi tidak mudah terserang sakit karena banyak bergerak.

Sebenarnya, semua daerah di Tanah Air ini memiliki jenis permainan daerah yang sangat menyenangkan dan unik. Bahkan, tak jarang yang hadir dengan melatih kreatifitas mereka sekaligus dapat memperkuat imun tubuh. Selain itu, permainan yang baik tentu juga harus bisa melatih motorik serta menstimulasi gerak anak.

Berikut ini adalah beberapa jenis permainan anak laki laki tradisional yang dapat anak-anak anda mainkan bersama dengan teman sebaya, antara lain adalah:

1. Permainan Ular Naga

Salah satu permainan untuk anak laki-laki adalah ular naga. Meskipun demikian, anak perempuan juga dapat memainkannya hingga menjadi lebih menyenangkan dan seru. Pada zaman dahulu, jenis permainan ini sangat digemari dan menjadi jenis yang cukup populer di kalangan anak-anak.

Pada umumnya, mereka akan berkumpul serta mengajak teman-temannya di tempat yang lapang dan akan semakin menyenangkan jika semua teman dapat bermain. Semakin panjang ularnya, akan semakin seru bermainnya. Ular naga biasanya dimainkan oleh anak-anak yang jumlahnya lebih dari 7 orang.

Caranya pun cukup mudah, yakni menentukan dua orang yang bertugas menjadi penjaga. Sisanya, akan melewati penjaga. Agar jenis permainan anak laki laki tradisional ini lebih adil, biasanya mereka akan menentukan dua penjaga tersebut dengan cara suit atau hompimpa.

Saat sudah ditentukan, maka sisa dari dua orang tersebut akan berbaris membentuk ular dengan kedua tangan diletakkan di pundak teman yang ada di depannya. Kemudian, bernyanyi ular naga hingga selesai.

Saat selesai bernyanyi, penjaga bertugas menangkap seorang mangsa. Saat tertangkap, maka akan keluar dari barisan. Begitu seterusnya hingga mangsa tertangkap semuanya.

2. Lompat Tali Karet

Permainan tradisional kedua adalah lompat tali menggunakan karet. Tali yang dipakai disambung hingga panjang. Setelah itu, diikat dan siap untuk melompat. Biasanya, permainan ini akan membutuhkan lebih dari dua orang. Dua orang memegang tali dan seorang lagi melompat.

Akan tetapi, jika tidak ada yang memegang tali, maka karet dapat diikat pada pohon atau tiang. Caranya sangat mudah, tali diletakkan pada ketinggian yang paling rendah atau dibawah lalu melompat. Begitu seterusnya hingga tali menjadi lebih tinggi sampai diatas kepala.

Apabila tidak dapat melompat, maka harus diulang dari paling bawah. Pemenang dari jenis permainan anak laki laki tradisional ini akan bisa menyuruh apa saja dari si kalah.

manfaat permainan kelereng

3. Kelereng atau Gundu

Permainan selanjutnya merupakan permainan yang sangat disukai oleh para anak laki-laki. Permainan ini biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengharuskan mengumpulkan sejumlah kelereng yang ditaruh pada kotak yang digaris atau dibatasi di permukaan tanah.

Selanjutnya, dengan jarak yang telah ditentukan, setiap pemain harus berusaha mengeluarkan kelereng tersebut dari kotak dengan memakai kelereng andalan. Jika kelereng yang berhasil keluar, maka akan menjadi hak milik.

4. Galasin/Gobak Sodor/Dadaluan (Sunda)

Jenis permainan anak laki laki tradisional ini adalah permainan yang sangat menyenangkan dan juga seru. Tak hanya pemain anak-anak saja, melainkan para orang dewasa atau remaja juga sering melakukannya. Permainan ini merupakan pertarungan menjaga benteng masing-masing.

Kelompok minimal terdiri atas dua orang dengan cara hompimpa. Pemenang hompimpa dapat memutuskan untuk berjaga benteng atau yang bergerak cepat. Jika salah seorang lawan terkena, maka permainan akan kalah dan bergantian posisi.

 

manfaat permainan petak umpet

Gambar oleh Clem Cou dari Pixabay

5. Petak Umpet

Salah satu permainan andalan secara tradisional adalah petak umpet. Permainan ini sangat menyenangkan dan sering menimbulkan ketegangan karena harus bersembunyi agar tidak tertangkap. Jenis permainan ini akan sangat melatih kecerdikan serta kegesitan.

Cara bermainnya pun sangat mudah dan sederhana. Buatlah sekelompok orang yang akan bersembunyi dari satu orang penjaga. Biasanya menentukan menjadi penjaga dengan cara hompimpa. Setelah ditemukan orang yang bertugas akan berjaga, maka orang-orang yang lain akan bersembunyi sebelum hitungan selesai dan penjaga lekas mencari.

6. Main Patok Lele

Jenis permainan anak laki laki tradisional berikutnya adalah patok lele. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri minimal dua orang. Kemudian, peralatan yang diperlukan adalah dua bilah bambu dengan ukuran yang kecil serta yang satu lagi dengan bambu yang berukuran 30 cm.

Setelah itu, letakkan bambu yang besar diantara dua buah batu. Lalu pukul dengan bambu yang lebih kecil. Apabila pemain yang tidak sedang memukul dengan baik, maka ia akan mendapat hukuman. Hukuman tersebut biasanya disuruh untuk menggendong pemain yang menang.

cara bermain dam daman

Gambar oleh Gentina Bintang Danurendra dari Pixabay

7. Dam Daman

Jenis permainan anak laki laki tradisional ini mirip dengan permainan catur. Namun, peraturannya lebih sederhana. Pada permainan ini, pion bergerak sesuai dengan posisinya atau bergerak mengikuti garis. Bisa ke depan, menyamping, atau diagonal.

Jika ada kesempatan memakan lawan, maka tinggal melompati saja. Namun, jika lawan tidak mau memakan pion kita meskipun ada kesempatan, maka dapat dikenai hukuman yang dikenal dengan dam. Permainan akan selesai, jika dapat memakan semua pion lawan.

8. Jingkrak/Engklek/Kotak Sembilan

Permainan ini dapat dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Bisa dimainkan oleh dua orang atau maksimal lima orang. Cara bermainnya pun mudah, yakni gambar terlebih dahulu kotak-kotak di lantai dengan memakai kapur.

Jumlah kotaknya ada sembilan yakni kotak horizontal tiga buah, disambung lagi dengan kotak vertikal tiga buah. Selanjutnya ditambah satu kotak bagian atasnya. Berikutnya disambung dengan dua kotak horizontal. Pemain akan bergiliran melompati kotak-kotak tersebut.

Melompatnya pun hanya dengan satu kaki. Apabila terjatuh, maka pemain harus menandai kotak terakhir dan menaruh batu.

9. Mendorong Ban Bekas

Jenis permainan anak laki laki tradisional ini pun dikenal dengan ogor ban. Cara memainkannya pun cukup mudah karena hanya memerlukan dua orang pemain saja. Dengan mensejajarkan ban karet yang kemudian digelindingkan. Dalam usaha menjaga ban tetap sejajar dan menggelinding, maka pemain dapat memakai tongkat.

bermain peran anak usia dini

Gambar oleh Владимир Берзин dari Pixabay

10. Main Peran

Permainan selanjutnya adalah main peran. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Pemain harus memainkan peran yang telah ditentukan dan melakoni seperti peran tersebut. Dengan permainan ini, anak-anak dapat mengembangkan sisi imajinasinya dan juga mengekspresikan perasaan.

11. Boy Boyan

Permainan tradisional selanjutnya adalah boy boyan. Diikuti oleh minimal tiga orang atau lebih. Permainan ini seperti bola ukuran sekitar satu kepalan tangan, dapat dari gulungan kertas dan masih banyak lagi, yang terpenting membentuk sebuah bola.

Selanjutnya, menumpuk potongan genting sekitar 7 tingkat. Biasanya cara bermainnya terdiri atas dua kelompok, bisa 2-10 orang. Setelah dilakukan penentuan pemain pertama, dengan hompimpa, pemain tersebut akan berkesempatan pertama kali merobohkan susunan genting tersebut.

Pemain yang menang harus menyusun menara genting tersebut dan menghindari tembakan bola dari lawan. Jika pemain tersebut terkena tembakan bola, maka ia akan menjadi yang kalah dan seterusnya.

Dengan jenis permainan anak laki laki tradisional boy boyan ini akan melatih kreatifitas seperti menggelinding bola, berlari, melempar bola, serta menembak bola.

Video Permainan Tradisional 

 

Baca Juga : 

  1. Cara main Lompat Tali Karet dan Manfaatnya 
  2. Permainan Ular Naga yang Sangat Seru dan Mengetahui Manfaatnya
  3. Bermain Engklek, Mengetahui Sejarah, Cara Bermain dan Manfaatnya
  4. Permainan Mendorong Ban Bekas dan Mengetahui Manfaat yang Didapat
  5. Permainan Kelereng yang Mulai Terlupakan, Ini Manfaatnya!
  6. Gobak Sodor Sangat Mengasyikan dengan Berbagai Manfaat
  7. Petak Umpet, Permainan Tradisional Yang Menyimpan Banyak Manfaat
  8. Mengenal Permainan Patok Lele dan Manfaat Positifnya
  9. Dam Daman, Permainan Tradisional Yang Menyenangkan
  10. Bermain Peran, Jenis Permainan dan Manfaat yang Didapatkan
  11. Permainan Boy boyan Mengenal Sejarah Bermain dan Manfaat

, , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp