• Jam Buka Toko: Pukul 08.00 s/d 18.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 087727557669
  • SMS/WA: 087727557669
  • jjmainan.oke@gmail.com
Terpopuler:

Jenis Rubik dan Rumus Cara Bermainnya yang Mudah

06 Februari 2021 - Kategori Blog

Jenis Rubik dan Rumus Cara Bermainnya yang Mudah

Mainan jenis rubik memang sangat diminati oleh anak-anak. Selain sangat asyik untuk dimainkan, rubik juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang sang anak. Salah satunya adalah melatih kerja otak baik kanan maupun kiri.

Mainan jenis ini sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Modelnya hampir sama dengan puzzle. Bahkan tidak hanya anak-anak saja yang menyukai mainan ini. Ternyata orang dewasa juga sangat suka memainkannya.

Daya Tarik dan Jenis Rubik

Mainan rubik tidak sebatas mencocokkan warna saja. Tetapi bisa digunakan untuk mengadu kecepatan dalam menyelesaikannya. Daripada memberikan mainan lainnya, akan lebih baik jika memberikan rubik pada anak.

Saat waktu luang ajarkan pada anak untuk bermain rubik. Cocok ditemani dengan cemilan yang lezat. Mainan ini sangat efektif untuk meredakan stres saat kelelahan atau akibat lainnya.

jenis rubik dan rumus cara bermainnya yang mudah

Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Mainan ini tidak hanya ada satu jenis saja. Mungkin yang terkenal di kalangan masyarakat adalah jenis 3×3. Padahal masih ada banyak jenis lainnya. Berikut adalah jenis rubik mainan logika yang bisa ditemukan:

1. Standard Cube (3×4)

Jenis yang pertama adalah standard cube yang biasa disebut dengan 3×3. Jenis ini merupakan yang pertama kali ada. Ukurannya sangat standar sekitar 5.6 cm kubik.

2. Master Cube (4x4x4)

Biasanya disebut dengan nama Rubik’s Revenge. Memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari jenis sebelumnya. Bentuknya 4x4x4 yang diciptakan oleh Peter Sebesteny.

3. Professor’s Cube (5x5x5)

Jenis berikutnya adalah bernama professor’s Cube yang memiliki bentuk 5x5x5. Rubik ini hampir mirip dengan 3x3x3. Sebab memiliki centerpieces, hanya saja lebih sulit untuk dimainkan. Rubik ini memiliki ukuran 7 cm kubik.

4. V-Cube 6 (6x6x6)

Jenis rubik berikutnya adalah V-Cube 6. Yang mana ini memiliki total kepingan sebanyak 152 buah. Diciptakan pertama kali oleh Panagiotis Verdes. Memiliki ukuran 6.9 cm kubik.

5. V-Cube 7 (7x7x7)

Lalu ada V-Cube 7 yang merupakan pengembangan dari V-Cube 6. Selain menambahkan kepingan, pencipta juga mengubah bentuknya. Sehingga terlihat lebih menonjol dari jenis lainnya.

6. Pocket Cube (2x2x2)

Sesuai dengan namanya, rubik ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Rubik ini juga bisa disebut dengan mini cube. Untuk memainkan rubik ini memang lebih mudah daripada jenis yang lainnya.

7. Fisher’s Cube

Jenis rubik ini merupakan pengembangan dari standard cube. Penciptanya adalah Tony Fisher. Dari segi penyelesaiannya hampir sama dengan 3x3x3. Perbedaannya terletak pada putaran yang diagonal.

Cara Main Rubik

Berbicara soal main rubik ini memang terlihat sulit. Padahal jika diperhatikan dengan seksama akan sangat mudah untuk menyelesaikannya. Cukup fokus dan memutar otak agar bisa menyelesaikannya.

Seseorang yang bermain rubik hanya perlu memutar rubik sesuai dengan ketentuan dan bentuknya. Ada yang diputar secara horizontal dan vertikal. Bahkan ada juga yang diputar secara diagonal.

Selain itu, harus bisa fokus pada salah satu warna agar tidak terbengkalai. Mengingat jenis rubik yang bermacam-macam, sebaiknya mulai dari yang paling mudah. Agar nantinya bisa selesai lebih cepat dan bisa naik tingkat kesulitan selanjutnya.

Memahami Nama Dasar Rubik

Cara main yang pertama harus bisa memahami nama dasar dari rubik. Karena setiap nama memiliki makna di setiap permainan. Dalam hal ini, ada center, edge, corner, dan layer.

Center merupakan bagian tengah yang tidak bisa diputar. Edge adalah bagian tengah yang berada di sisi samping. Corner merupakan bagian ujung dari rubik. Sedangkan corner adalah layer dari sebuah rubik.

Memahami Pergerakan Rubik

Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memahami pergerakan dari rubik. Dasar ini akan menentukan penggunaan rumus dalam bermain rubik. Pergerakan ini sebenarnya tidak perlu dihafalkan karena lama-lama akan hafal dengan sendirinya.

Cara Menyelesaikan Rubik

Jenis rubik yang bermacam-macam tentu bisa diselesaikan dengan caranya masing-masing. Hal ini tentu sangat tergantung pada jenis yang dimainkan. Selagi teliti dan fokus, maka akan mudah untuk menyelesaikannya.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

Rumus Rubik 3 x 3

Standard cube merupakan model lama yang sering dijumpai. Pasalnya, jenis ini sudah ada sejak pertama kali. Sehingga cara memainkannya juga cukup mudah.

Membuat Cross Putih

Sebenarnya dalam memainkan rubik ini tidak ada rumus khusus. Jika sudah membuat cross putih, maka bisa mencari sisi dengan bagian kuning tengah. selanjutnya bisa mencari edge putih dan mengumpulkan atau didekatkan dengan kotak warna kuning.

Meratakan Cross Sebagai Layer 1

Jika sudah membuat cross putih selanjutya bisa membuat layer pertama dengan meratakan kotak putih tersebut. Perlu dicari corner piece putih, lalu dipindahkan ke bawah. Pastikan warna sama dengan corner piece di bagian atas putih. Rumusnya sisi kanan adalah U R U’ R’ dan sisi kiri U’ L’ U L.

Layer 2

Jenis rubik ini bisa dibuat dengan rumus yang mudah. Jika layer 1 sudah selesai maka harus mencari edge yang akan dipindahkan. Pastikan sudah menyamakan edge piece yang akan dipindahkan dengan warna center. Rumusnya sebagai berikut U’ L’ U L F U’ F’ untuk yang bagian kiri. Sedangkan jika ke kanan adalah M U R U’ R’ U’ F’ U R’.

Cross Kuning

Untuk membuat cross kuning menggunakan rumus F R U R’ U’ F. Kemudian memposisikan 2 titik kosong ke bagian bawah center dan kanan center sisi kuning. Rumusnya adalah F R U R’ U’ F’ X2.

Meratakan Sisi Atas Kuning

Untuk berikutnya menggunakan rumus R U R’ U R U2 R’. Dimana akan membentuk layer atas menjadi warna kuning.

Orientasi Corner dan edge

Terakhir kamu hanya perlu memposisikan corner dan edge. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah dan sudah terlihat bahwa permainan akan selesai.

Rumus Rubik 4 x 4

Ada beberapa rumus untuk jenis rubik ini sebagai berikut:

Parity OLL

Kasus Pertama

Rumus yang digunakan pada kasus pertama adalah r2 B2 U2 I U2 r’ U2 r U2 F2 r F2 I’ B2 r2. Ini akan lebih mudah karena ada dua bagian corner yang sejajar dengan edge flip.

Kasus Kedua

(R2 r2) B2 U2 (L’ I) U2 (R r’) U2 (R’ r) U2 F2 (R’ r) F2 (L I’) B2 (R2 r2) Rumus tersebut biasanya seluruh corner sudah terorientasi.

Parity PLL

Kasus Pertama

Mengingat jenis rubik 4x4x4 ini memiliki kasus yang bermacam-macam maka bisa diselesaikan dengan banyak rumus.  Ada berbagai rumus yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permainan.

Kasus yang pertama ini cukup mudah dengan rumus (R2 r2) U2 (R2 r2) u2 (R2 r2) (u2 U2). Dimana kasus ini hanya ada dua bagian edge yang belum terpermutasi. Sedangkan dua edge tersebut saling bersebrangan.

Kasus Kedua

Berikutnya ada rumus (R U R’ U’) (R2 r2) U2 (R2 r2) u2 (R2 r2) (u2 U2) (U’ R U’ R’). Rumus tersebut untuk menyelesaikan kasus kedua. Dimana dua edge saling bersebelahan. Penggunaan rumus ini akan membantu PLL U. Sehingga penyelesaian rumus akan lebih efektif.

Itulah beberapa jenis rubik dan rumus untuk bermainnya. Pastikan bahwa sudah memahami pola putaran dan cara menyelesaikannya.

Baca juga : Jenis Mainan Anak Perempuan yang Aman dan Berkualitas

 

, , , , , , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp