• Jam Buka Toko: Pukul 08.00 s/d 18.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 087727557669
  • SMS/WA: 087727557669
  • jjmainan.oke@gmail.com
Terpopuler:

Tips Memberikan Mainan Anak untuk Usia 10 Tahun

29 November 2020 - Kategori Blog

Tips Memberikan Mainan Anak untuk Usia 10 Tahun

Terkadang banyak orang yang merasa bingung ketika mereka membeli kado atau mainan anak untuk usia 10 tahun, hal ini disebabkan karena anak-anak dalam usia 10 tahun biasanya memang memiliki preferensi yang berbeda karena sudah menginjak remaja. Oleh karena itu bagi Anda yang akan membeli mainan untuk anak laki-laki berusia 10 tahun, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

mainan untuk anak laki-laki

 

  1. Mainan yang memiliki bentuk simple 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin membeli mainan untuk anak laki-laki berusia 10 tahun adalah pilih mainan yang memiliki bentuk sederhana. Mainan yang memiliki bentuk sederhana akan memberikan ruang lebih banyak bagi anak tersebut untuk melakukan eksplorasi dan juga mengembangkannya.

Jika Anda memberikan mainan yang terlalu banyak detail, imajinasi anak menjadi terbatas sehingga manfaat dari mainan tersebut memang hanya digunakan untuk bermain saja. Jika Anda memberikan mainan-mainan yang memiliki sifat yang sederhana, maka anak-anak bisa memainkan mainan tersebut dengan berbagai cara.

Ada banyak sekali mainan yang memiliki keleluasaan dalam pengembangannya. Salah satu jenis mainan yang paling banyak digunakan bagi anak-anak yang berusia 10 tahun ke atas adalah mainan block. Mainan block merupakan mainan yang cukup menarik untuk dimainkan karena memiliki popularitas yang tinggi serta dapat digunakan untuk bermain dengan banyak cara.

mainan anak untuk usia 10 tahun

  1. Minimalkan mainan elektronik dan video games

Selain memilih mainan yang bisa dimainkan dengan banyak cara seperti permainan block, salah satu jenis permainan lain yang sangat cocok untuk anak-anak usia 10 tahun adalah permainan yang digunakan untuk berkegiatan secara fisik. Ketika Anda ingin membelikan mainan anak laki laki usia 10 tahun, maka pastikan Anda membatasi jenis-jenis mainan yang bersifat digital seperti ponsel ataupun video games.

Meskipun anak Anda meminta untuk membelikannya, Anda bisa menolaknya dengan alasan tertentu. Atau jika Anda memang sudah membelikan mainan ini untuk anak Anda, akan lebih baik jika Anda membatasi penggunaan permainan-permainan digital tersebut.

Seperti yang kita tahu anak-anak zaman sekarang memang lebih cenderung lebih suka bermain dengan menggunakan ponsel ataupun produk digital lainnya. Dahulu melihat anak bermain permainan menggunakan ponsel dicetak memang membuat Anda merasa bahwa anak Anda sedang belajar teknologi. Sayangnya di era sekarang ini permainan-permainan dalam bentuk digital seperti permainan game dan juga permainan seperti video game akan membuat anak malas bergerak dan bermain di luar.

Selain itu anak-anak yang terlalu banyak terpapar teknologi seperti permainan game biasanya akan menjadi anak yang cenderung lebih emosian dan juga lebih egois Oleh karena itu akan lebih baik bagi Anda untuk membatasi paparan permainan game digital di ponsel maupun video game agar anak menjadi lebih bersosial.

 

  1. Jangan asal memilih mainan dengan tulisan “mainan edukasi”

Ada sangat banyak sekali jenis permainan yang bisa Anda temukan di luar sana, ada permainan yang dijual dalam bentuk “mainan” dan ada juga beberapa mainan yang memiliki label “mainan edukasi”.

Ketika Anda nama ingin mencari permainan yang bisa digunakan untuk bermain sekaligus belajar hindarilah membeli mainan yang memiliki label mainan edukasi. Hal ini disebabkan karena tidak semua mainan yang memiliki label mainan edukasi benar-benar merupakan mainan yang dapat memberikan pembelajaran bagi anak Anda.

Tidak jarang juga anak-anak malah malas untuk memainkan permainan tersebut karena mainan edukatif yang Anda beli karena memang membosankan. Bagi Anda yang ingin memberikan permainan yang memiliki nilai edukasi yang tinggi, pastikan Anda benar-benar melakukan riset mengenai permainan yang akan Anda berikan bagi anak Anda. Perhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya sehingga Anda bisa memilih mainan yang lebih baik dan lebih memiliki nilai edukasi untuk anak Anda.

  1. Perhatikan panduan usia 

Selanjutnya yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk membeli mainan anak selain harga mainan anak laki laki yang akan Anda beli adalah mengenai ketentuan usia dari mainan tersebut. Saat ini sudah ada sangat banyak sekali permainan anak yang dibuat berdasarkan usianya.

Jika sulit bagi Anda untuk menentukan permainan yang paling baik untuk anak ada ketika berusia 10 tahun, maka Anda bisa mengikuti panduan usia dari sebuah mainan yang biasanya bisa Anda temukan di rak mainan atau bahkan di kardus mainan yang akan Anda beli.

Mainan-mainan yang akan Anda beli harus sesuai level tantangan yang diinginkan oleh anak Anda. Hal ini sangat penting karena level tantangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak Anda bisa membuat permainan menjadi tidak menarik.

Mainan fisik untuk bermain bersama teman

  1. Mainan fisik untuk bermain bersama teman

Tips lain bagi Anda yang ingin memberikan mainan pada anak-anak yang berusia 10 tahun adalah membeli mainan yang membutuhkan gerakan fisik. Memberikan mainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas fisik bisa sangat menguntungkan bagi anak Anda. Jika mainan yang diberikan merupakan mainan di tempat, maka anak mungkin akan makin malas untuk beraktivitas fisik sehingga meningkatkan kemungkinan munculnya obesitas pada anak.

Jika bisa memilih mainan fisik yang bisa digunakan untuk bermain bersama dengan teman-teman dari anak Anda. Membelikan mainan yang bisa dimainkan bersama dengan teman-teman anak Anda juga memiliki banyak keuntungan. Selain dapat meningkatkan aktivitas fisik nanti juga bisa membantu anak Anda untuk membangun kemampuan komunikasinya serta kemampuan bergaul dengan rekan-rekannya.

  1. Mainan yang mengandung tantangan dan bisa digunakan untuk kompetisi

Satu lagi tips yang bisa Anda gunakan ketika Anda akan membelikan mainan anak laki laki usia 10 tahun adalah mengenai sifat permainan yang mengundang kompetisi dan tantangan. Mainan seperti inilah yang biasanya lebih diminati oleh anak laki-laki berusia 10 tahun.

Baca juga : Tips Memilih Mainan untuk Anak laki-laki

“Anak senang orangtua bahagia”

BISA TRANSAKSI MELALUI MARKETPLACE

(POTONGAN HARGA KHUSUS)

Bisa pesan melalui aplikasi Shopee :

order via shopee jj mainan

Klik aja logo aplikasi Tokopedia :

order via tokopedia jj mainan

Bisa juga lewat aplikasi Bukalapak :

order via bukalapak jj mainan

Silakan pesan langsung melalui Whatsapp :

order via wa jj mainan

, , , , , , , ,

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp